Pemebelajaran IPS
1.
Ciri-ciri
pembelajaran ips sebagai transmisi kewarganegaran
a.
Proses
pembelajaran bertujuan untuk mewariskan nilai-nilai yang baik dan disepakati
oleh masyarakat
b.
Pembelajaran
bertujuan untuk membentuk peserta didik
taat pada hukum, dapat memenuhi kewajiban dan bertanggung jawab dalam
pembelajaran Negara.
2.
Ciri-ciri
pembelajaran ips sebagai ilmu social
a.
Bahan
dan materi berkaitan dengan kenyataan hidup yang berupa pengalaman yang
dieroleh dari kehidupan yang nyata.
b.
Mencakap
semua aspek kehidupan masyarakat baik itu intelektual maupun emosional maupun
keterampilan
3.
Bertujuan
untuk menciptakan peserta didik berfikir kritis terhadap masalah-masalah yang
timbul dimasyarakat, serta pemecah masalahnya.
a.
Perbedaaan
pembelajaran ips sebagai transmisi kewarganegaraan: pewarisan nilai-nilai
b.
Mempersiapkan
peserta didik untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat serta dapat dapat
menerapkan nilai-nilai yang baik.
c.
Lebih
menekankan pada pemecahan masalah secara kritis dan mendalam.
4.
Ada
karna ketiga tradisi tersebut saling berhubungan yaitu :
a.
Peneneman
nilai-nilai yang baik pada transmisi kewarganegaraan dan menerapkannya secara
langsung dimasyarakat melelui tradisi sebagai ilmu social dan jika dalam
penerapan tersebut muncul masalah-masalah social maka kita dapat berfikir secara
kritis dan mendalam melalui pembelajaran ips sebagai inquiri secara reflektif.
Contoh : penghargaan terhadap ham
b.
Yang
paling dominan: pembelajaran ips sebagai transmisi kewarganegaraan, karna pada
proses pembelajaran ips guru lebih menekankan pada peneneman nilai-nilai.
c.
Kebanyakan
dipembelajaran ips ketiga tradisi teradisi tersebut diterapkan, karna ketiga
tradisi tersebut harus saling berhubungan untuk membentuk warga masyarakat yang
bukan hanya mengetahui nilai-nilainya saja tapi juga dapat menerapkannya dalam
kehidupan nyata dan mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapnya
terutama masalah social.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar