Kamis, 15 Oktober 2015

Ciri-ciri IPS Sebagai Ilmu Sosial

Pemebelajaran IPS


 1.    Ciri-ciri pembelajaran ips sebagai transmisi kewarganegaran
a.     Proses pembelajaran bertujuan untuk mewariskan nilai-nilai yang baik dan disepakati oleh masyarakat
b.    Pembelajaran bertujuan untuk  membentuk peserta didik taat pada hukum, dapat memenuhi kewajiban dan bertanggung jawab dalam pembelajaran Negara.
2.    Ciri-ciri pembelajaran ips sebagai ilmu social
a.     Bahan dan materi berkaitan dengan kenyataan hidup yang berupa pengalaman yang dieroleh dari kehidupan yang nyata.
b.    Mencakap semua aspek kehidupan masyarakat baik itu intelektual maupun emosional maupun keterampilan
3.    Bertujuan untuk menciptakan peserta didik berfikir kritis terhadap masalah-masalah yang timbul dimasyarakat, serta pemecah masalahnya.
a.     Perbedaaan pembelajaran ips sebagai transmisi kewarganegaraan: pewarisan nilai-nilai
b.    Mempersiapkan peserta didik untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat serta dapat dapat menerapkan nilai-nilai yang baik.
c.     Lebih menekankan pada pemecahan masalah secara kritis dan mendalam.
4.    Ada karna ketiga tradisi tersebut saling berhubungan yaitu :
a.     Peneneman nilai-nilai yang baik pada transmisi kewarganegaraan dan menerapkannya secara langsung dimasyarakat melelui tradisi sebagai ilmu social dan jika dalam penerapan tersebut muncul masalah-masalah social maka kita dapat berfikir secara kritis dan mendalam melalui pembelajaran ips sebagai inquiri secara reflektif.
Contoh : penghargaan terhadap ham
b.    Yang paling dominan: pembelajaran ips sebagai transmisi kewarganegaraan, karna pada proses pembelajaran ips guru lebih menekankan pada peneneman nilai-nilai.
c.     Kebanyakan dipembelajaran ips ketiga tradisi teradisi tersebut diterapkan, karna ketiga tradisi tersebut harus saling berhubungan untuk membentuk warga masyarakat yang bukan hanya mengetahui nilai-nilainya saja tapi juga dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata dan mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapnya terutama masalah social.


Tidak ada komentar: