Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
Tema : Kesehatan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi
·
Mengenal bagian –bagian
utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
·
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan.
Tujuan Pembelajaran
·
Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·
Menyebutlkan nama hewan
yang merugikan hewan lain.
·
Menyebutlkan nama hewan
yang merugikan tumbuhan
·
Menyebutlkan nama hewan
yang menguntungkan manusia
·
Menyebutlkan nama hewan
yang menguntungkan bagi tumbuhan .
·
Menyebutlkan nama hewan
yang menguntungkan bagi hewan lain.
·
Menyebutkan manfaat
tumbuhan bagi manusia.
·
Menyebutkan manfaat
tumbuhan bagi hewan.
·
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Materi Ajar
( Materi Pokok )
·
Bagian utama tumbuhan dan hewan
Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
Kegiatan
inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan
materi tentang manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan.
F Guru menjelaskan tugas dan materi yang
harus dilakukan siswa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mendengar,
menyimak, dan menanggapi penjelasan guru.
F Tanya jawab.
F Siswa
mengidentifikasi jenis tumbuhan yang berguna bagi manusia dan hewan.
F Siswa mngklasifikasi
jenis tumbuhan yang berguna bagi manusia /hewan.
F Siswa mengisi tabel
yang telah disediakan guru.
F Guru mengulas bagian
–bagian penting materi sebagai penguatan dan motivasi.
F Guru memberikan penilaian dan memberikan PR./
porto folio
F Siswa membagi kelompok kerja siswa.
F Siswa melaksanakan
tugas dari guru yaitu melakukan perawatan tumbuhan di sekitar sekolah dengan
peralatan sederhana.
F Guru mengadakan penilaian team kerja siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan
dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
Alat dan Sumber Belajar
- Buku
Sumber :
1. Buku Sains SD Kelas 2
Penerbit Buku relevan
·
Alat Peraga
:
F Gambar tanaman dan binatang
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
3.
IPA :
·
Menyebutkan manfaat
tumbuhan bagi manusia.
·
Menyebutkan manfaat
tumbuhan bagi hewan.
·
nal satuan baku meter dan
sentimeter.
·
Menggunakan alat ukur (
mistar)
·
Mengukur panjang benda
dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·
Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm.
·
Menaksir panjang benda
dengan menggunakan satuan yang sesuai.
·
Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik
ritmis.
·
Memilih bahan alam yang
dapat dibuat cat warna.
·
Menunjukkan
langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam.
·
Mengelompokkan bahan alam
yang baik dengan yang kurang baik.
·
Mengelompokkan bahan alam
yang sesuai dengan warna yang
dihasilkan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
3.
IPA :
·
Sebutlkan nama hewan yang
merugikan manusia.
·
Sebutlkan nama hewan yang
merugikan hewan lain.
·
Sebutlkan nama hewan yang
merugikan tumbuhan
·
Sebutlkan nama hewan yang
menguntungkan manusia
·
Sebutlkan nama hewan yang
menguntungkan bagi tumbuhan .
·
Sebutlkan nama hewan yang
menguntungkan bagi hewan lain.
·
Sebutkan manfaat tumbuhan
bagi manusia.
·
Sebutkan manfaat tumbuhan
bagi hewan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar