SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : IV
Mata
Pelajaran : Aqidah Akhlaq
Semester
: 1
Standar Kompetensi (Aqidah) : 2.
Mengenal sifat jaiz Allah SWT
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
|
Sifat-sifat Allah
|
1. Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan
pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT melalui forum diskusi dan menyebutkan
sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu
|
1. Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi
Allah SWT
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apakah definisi sifat
jaiz bagi Allah SWT itu?
|
3 × 35 menit
|
1.
Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 4,
bab 2
3.
Buku-buku lain yang relevan
4.
Alquran (Juz Amma)
5.
Pengalaman guru
6.
Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sifat jaiz bagi Allah
ada satu, sebut kan!
|
|||||
2.2.
Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
SIfat-sifat Allah
|
1. Siswa
menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT.
Siswa mengartikan sifat jaiz bagi Allah
SWT secara klasikal dan individu,
mengkaji dan membahas sifat jaiz dan sifat mustahil jaiznya serta
membandingkannya dengan sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT melalui
forum Tanya jawab dan diskusi
|
1. Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah
SWT
|
Tes lisan
|
Pilihan
ganda
|
Semua yang terjadi
terhadap makhluknya-Nya adalah ketentuan…
a. Allah SWT
b. Malaikat
c. Nabi/ Rasul
d. Manusia!
|
1
× 35 menit
|
1.
Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT beserta artinya di karton atau papan
tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 4,
bab 2
3.
Buku-buku lain yang relevan
4.
Alquran (Juz Amma)
5.
Pengalaman guru
6.
Lingkungan sekitar
|
2. Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan
sifat mustahil Allah SWT
|
Tes lisan
|
Jawaban
singkat
|
Disebut sifat apakah hak
mutlak Allah SWT?
|
|||||
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
(
..................................................... ) (...................................................)
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester
: 1
Standar Kompetensi (Akhlak) : 3.
Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS
|
Kisah Nabi Adam AS
|
1. Melalui forum Tanya jawab dan diskusi,
siswa menceritakan kembali tentang asal mula Nabi Adam AS ketika menjadi
manusia dan Nabi pertama berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru
2. Melalui forum Tanya jawab dan diskusi siswa
menceritakan kembali kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga, dan sebab Nabi
Adam dikeluarkan dari surga berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru
|
1. Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Allah menciptakan
Nabi Adam AS dari apa?
|
3 × 35 menit
|
1. Teks kisah Nabi Adam AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 4,
bab 3
3.
Buku kisah Nabi Adam atau buku-buku lain yang relevan
4. Kaset atau CD tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan
sekitar
|
2. Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia
dan Nabi yang pertama
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa tugas Nabi Adam
dimuka bumi?
|
|||||
3. Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika
di surga
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Buah apakah yang
dilarang oleh Allah untuk dimakan
Adam dan Hawa?
|
|||||
4. Menjelaskan sebab Nabi Adam AS
dikeluarkan dari surga
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Siapakah yang membujuk
Hawa untuk memakan buah khuldi?
|
|||||
3.2
Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
Kisah Nabi Muhammad SAW
|
1. Melalui forum Tanya jawab dan
diskusi, siswa menceritakan kembali
peristiwa kelahiran Nabi Muhammad dan
menyebutkan nasab/ keturuan Nabi berdasarkan bacaan referensidan penjelasan
guru
|
1. Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi
Muhammad
|
Tes lisan
|
Essay
|
Peristiwa apakah yang
terjadi ketika Nabi Muhammad dilahirkan
|
6 × 35 menit
|
1.
Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW
2. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 3
3.
Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4.
Kaset/CD tentang
kisah-kisah Nabi
5.
Alquran
6.
Pengalaman guru
7.
Lingkungan sekitar
|
2. Menyebutkan nasab/keturu nan Nabi
Muhammad
|
Tes lisan
|
Jawaban
singkat
|
Sebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad dari garis ayahnya!
|
|||||
3.3.
Menceritakan perilaku masa
kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
Kisah Nabi Muhammad SAW
|
1. Melalui forum Tanya jawab dan diskusi,
siswa menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak berdasarkan
bacaan referensi dan penjelasan guru
|
1. Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di
waktu kanak-kanak
|
Tes lisan
|
Essay
|
Jelaskan bagaimana
kehidupan Nabi Muhammad setelah kedua orang tuanya meninggal?
|
|
1. Teks cerita Nabi Muhammad SAW
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 3
3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang
relevan
4. Kaset/CD tentang kisah-kisah nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............
, .....................................
20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
(
..................................................... ) (
........................................................... )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar