Sabtu, 26 November 2016

SILABUS AQIDAH AKHLAK

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................ 
Kelas                   :   IV
Mata Pelajaran     :   Aqidah Akhlaq
Semester              :   1
Standar Kompetensi (Aqidah) : 2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1    Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT

Sifat-sifat Allah

1.   Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT melalui forum diskusi dan menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu


1.  Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT



Tes tulis


Essay


Apakah definisi sifat jaiz bagi Allah SWT itu?


3 × 35 menit


1. Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 4,   bab 2
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar


2.  Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT

Tes tulis

Jawaban singkat

Sifat jaiz bagi Allah ada satu, sebut kan!

2.2.   Mengartikan sifat jaiz Allah SWT








SIfat-sifat Allah







1.   Siswa  menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT.
      Siswa mengartikan sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal dan individu,  mengkaji dan membahas sifat jaiz dan sifat mustahil jaiznya serta membandingkannya dengan sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT melalui forum Tanya jawab dan diskusi

1.  Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT









Tes lisan












Pilihan ganda










Semua yang terjadi terhadap makhluknya-Nya adalah ketentuan…
a.  Allah SWT
b.  Malaikat
c.  Nabi/ Rasul
d.  Manusia!


1         × 35 menit







1.  Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 4,   bab 2
3.  Buku-buku lain yang relevan
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar

2.  Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT


Tes lisan

Jawaban singkat

Disebut sifat apakah hak mutlak Allah SWT?
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


                                                                                                                                                                                                                ............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                                                                            (...................................................)
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   1­­­­
Standar Kompetensi (Akhlak) : 3. Menceritakan kisah Nabi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1  Menceritakan kisah Nabi Adam AS

Kisah Nabi Adam AS

1.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menceritakan kembali tentang asal mula Nabi Adam AS ketika menjadi manusia dan Nabi pertama berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru
2.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi siswa menceritakan kembali kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga, dan sebab Nabi Adam dikeluarkan dari surga berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru

1.   Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS

Tes tulis

Jawaban singkat

Allah menciptakan Nabi Adam AS dari apa?

3 × 35 menit



1. Teks kisah Nabi Adam AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 4,   bab 3
3. Buku kisah Nabi Adam atau buku-buku lain yang relevan
4.  Kaset atau CD     tentang kisah-kisah Nabi
5.  Alquran
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar


2.   Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa tugas Nabi Adam dimuka bumi?

3.   Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga


Tes tulis






Jawaban singkat



Buah apakah yang dilarang  oleh Allah untuk dimakan Adam dan Hawa?

4.   Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga

Tes tulis

Jawaban singkat

Siapakah yang membujuk Hawa untuk memakan buah khuldi?

3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW






Kisah Nabi Muhammad SAW








1.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi,  siswa menceritakan kembali peristiwa kelahiran Nabi Muhammad  dan menyebutkan nasab/ keturuan Nabi berdasarkan bacaan referensidan penjelasan guru



1.    Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad



Tes lisan




Essay





Peristiwa apakah yang terjadi ketika Nabi Muhammad dilahirkan


6 × 35 menit

1.  Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 3
3.  Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4.  Kaset/CD    tentang kisah-kisah  Nabi
5.  Alquran
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar


2.   Menyebutkan nasab/keturu nan Nabi Muhammad



Tes lisan



Jawaban singkat

Sebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad dari garis ayahnya!

3.3. Menceritakan perilaku  masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Kisah Nabi Muhammad SAW

1.   Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru


1.   Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak


Tes lisan

Essay

Jelaskan bagaimana kehidupan Nabi Muhammad setelah kedua orang tuanya meninggal?


1.  Teks cerita Nabi Muhammad SAW
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 3
3.  Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
4. Kaset/CD    tentang kisah-kisah nabi
5. Alquran
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.






Tidak ada komentar: